Bekerja bukanlah dimana kita
menghabiskan 8-9 jam waktu kita. Bukan juga dengan siapa kita meeting
atau bertemu dengan orang baru. Tapi bekerja lebih kepada apa yang kita
hasilkan, dimanapun dan kapanpun itu bisa kita lakukan. Termasuk di
rumah kita sendiri. Dan bekerja dari rumah saat ini sudah cukup populer
dikerjakan oleh masyarakat. Mereka merasa lebih nyaman, fokus dan mampu
lebih produktif ketimbang bekerja di kantor. Tapi tentu saja itu tidak
terjadi pada semua orang. Dan pastinya bekerja dirumah berbeda dengan
saat bekerja di kantor, itu sebabnya kita perlu tahu bagaimana cara
mengatur waktu dan produktivitas kerja kita.
Dan berikut ini kami berikan triknya:
1. Fokus menciptakan nilai di tempat kerja
Bisakah kita mengubah sedikit kebiasaan
ita dirumah untuk menjadi lebih produktif ketika sedang bekerja? Ketika
kita bisa melakukan itu, maka itu akan membantu kita untuk meningkatkan
produktivitas kerja kita. Seperti ketegangan saat bekerja, bisa kita
ganti dengan sleingan humor agar terlihat lebih santai dan benar – benar
menikmati suasana kerja di rumah.
2. Konsisten menghilangkan rasa malas
Jangankan di rumah, di kantor saja
ketika sudah mendekati waktu pulang maka rasa malas tentu akan sangat
kita rasakan. Bagaimana dengan dirumah? Dengan waktu yang bisa kita atur
sendiri, maka rasa malas akan lebih banyak datang. Untuk menhindari itu
terlebih di sore hari, cobalahuntuk sejenak meregangkan otot yang kaku,
dan menegak secangkir teh hangat atau kopi, untuk mendongkrak kembali
semangat bekerja Anda.
3. Berani berkata “Tidak”
Menggunakan handphone selagi bekerja
tentu akan banyak memberikan gangguan untuk fokus kerja kita. Terlebih
ketika dirumah dengan banyaknya kebebasan kita melakukan hal, maka
gangguan juga akan semakin banyak. Cobalah untuk berjanji kepada diri
sendiri untuk tidak menggunakan handphone selama bekerja, kecuali memang
diharuskan melakukan panggilan atau mengirimkan pesan teks kepada klien
atau atasan Anda. Ketika Anda berhasil berkata tidak untuk 1 gangguan
kecil, itu akan membantu Anda berkata tidak pada gangguan yang besar.
4. Mengkonsumsi makanan yang baik dan istirahat yang cukup
Tidak ada yang menjamin bahwa ketika
kita bekerja dirumah maka asupan gizi dan istirahat kita akan jauh lebih
baik. Justru terkadang kita semakin menganggapnya enteng. Untuk itu
sekalipun bekerja dirumah, tetap perhatikan asupan gizi atau makanan
Anda, dan juga jaga pola istirahat Anda, agar bekerja bisa terus fokus
dan produktif.
5. Mulailah hari Anda semalam sebelumnya
Untuk mempersiapkan fisik dan fikiran
yang sehat untuk bekerja esok hari, persiapkan segalanya di malam hari.
Seperti tidak tidur larut malam, dan tidak mengkonsumsi minuman
beralkohol atau berkafein pada malam harinya. Anda juga bisa berolahraga
sebelum memulai pekerjaan Anda.
6. Menjadwalkan pertemuan
Bekerja di rumah bukan berarti Anda
tidak boleh bertemu dengan orang lain. Anda tetap bisa melakukan
pertemuan dengan klien atau rekan kerja di kantor. Mulai dari bertemu di
luar rumah hingga melakukan pertemuan secara online. Jadwalkan semua
pertemuan Anda dan ini akan membantu Anda menjadwalkan tugas yang
lainnya.
7. Mendisiplinkan waktu
Mendisiplinkan diri sendiri dimulai dari
hal yang kecil, seperti bangun di pagi hari. Melakukan olahraga,
sarapan dan mulai untuk bekerja. Ketika kita bisa disiplin dengan waktu,
maka itu akan membuat kita produktif dalam bekerja.
8. Jangan terlalu reaktif
Sekalipun manajemen waktu sangat penting
untuk keberhasilan Anda bekerja, Anda tidak perlu melakukan semua
pekerjaan dengan tergesa – gesa. Seperti menjawab email dengan segera,
makan dengan cepat dan menjawab semua telepon dengan segera. Fokuslah
pada prioritas kerja Anda, bukan pada reaksi Anda terhadap rangsangan
yang langsung datang.
9. Tetap perhatikan kerja tim
Jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan
dan memilih untuk mengambil waktu bekerja di rumah, tetap ingat bahwa
Anda tentu memiliki sebuah tim. Dan Anda harus tahu bahwa sebuah tim
tidak bisa bekerja secara individual. Anda harus tahu kapan bisa bekerja
secara tim dan individual. Cobalah untuk membangun komunikasi yang baik
dengan seluruh anggota tim. Memberikan mereka perhatian dan juga
kepedulian.
http://log.viva.co.id/frame/read/aHR0cDovL21lZGlhYmlzbmlzb25saW5lLmNvbS85LXRyaWstcHJvZHVrdGlmLWJla2VyamEtZGktcnVtYWgv
No comments:
Post a Comment